Source Code Aplikasi Penukaran Mata Uang Dengan VB.net

Jika pada kesempatan sebelumnya saya telah berbagi dan menjelasakan tentang membuat program konversi suhu maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit contoh Source Code Aplikasi Penukaran Mata Uang Dengan VB.net. Apliksi penukaran uang atau yang dapat dikatakan dengan konverter mata uang ini dapat merubah dari rupiah ke Dollar, Ringgit, dan juga Pounds. Seperti apasih codingnya mari kita bahas bersama-sama dibawah ini.

Pertama buat terlebih dahulu project baru dan berikan nama project yang diinginkan, setelah itu sesuaikan label, TextBox dan Button seperti pada gambar dibawah ini.
source code vb.net, mata uang, code, program
Jika desain sudah setidaknya seperti gambar di atas maka langkah selanjutnya adalah dengan memberikan code perintah agar aplikasi tersebut dapat berjalan, adapaun perintah sebagai berikut yang dapat ditambahkan di dalam from tersebut :

Public Class Form1

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnTukar.Click
        Dim nRp, nDol, nRing, nPound, nTukar As Double
        nRp = txtRp.Text

        nDol = (nRp / 13402)
        nRing = (nRp / 3116)
        nPound = (nRp / 17284)

        txtDollar.Text = nDol
        txtRinggit.Text = nRing
        txtPounds.Text = nPound
    End Sub
End Class
Dari source code diatas dijelaskan bahwa nRp adalah nilai inputan berupa mata uang rupiah, untuk nDol adalah nilai Dollar yang didapat dari nilai rupiah dibagi dengan nilai dollar per rupiah nya, nRing adalah nilai Ringgit yang didapat dari nilai rupiah dibagi dengan nilai ringgit per rupiahnya,
sama juga dengan NPound adalah nilai Pounds yang didapat dari nilai rupiah dibagi nilai pounds per rupiahnya,

Jika source diatas telah ditambahkan maka simpan dan coba jalankan project tersebut dengan menekan "F5" pada keyboard, jika berjalan lancar dan tidak ada error maka hasilnya akan seperti pada gambar bawah ini :
source code vb.net, mata uang, code, program
Untuk lebih detailnya lagi simak video tutorial berikut ini sampai selesai
source code vb.net, mata uang, code, program
Demikianlah sedikit informasi mengenai bagaimana Source Code Aplikasi Penukaran Mata Uang Dengan Visal Studio. Jika penjelasan di atas masih belum paham atau menemui suatu kendala dapat ditanyakan langsung ke saya. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon