Proses Startup Laptop Lemot Saat Pertama Kali Menghidupkan

Proses booting sangat lama yang dimaksud adalah laptop atau komputer yang saat proses pertama kali dihidupkan membutuhkan waktu yang sangat lama baik itu windows xp, windows 7, windows 8, maupun windows 10, tentunya ini menjadikan kita malas dan memperlambat pekerjaan. Kejadian seperti ini sering dialami pada orang awam dalam arti pengguna laptop atau komputer yang masih pemula.

Peristiwa seperti itu dapat disebabkan karena berbagai faktor baik dari software maupun hardware itu sendiri, namun yang paling sering terjadi adalah faktor dari perangkat software yang terpasang pada laptop maupun komputer anda.

Penyebab proses booting lambat :
  • Adanya file corrupet pada OS (Sistem Operasi) 
  • Terdapat aplikasi yang berjalan otomatis saat proses startup
  • Kerusakan Hardware
Ketika proses booting selesaipun laptop menjadi lambat tidak seperti waktu pertama kali membeli laptop, baik saat digunakan browsing, bermain game maupun hanya membuka-buka folder terasa sangat berat. Bagaimana cara mengatasi itu permasalahan seperti ini berikut solusinya :


1. File Corrupted pada OS
Dalam kasus ini File Corrupted adalah bagian dari sistem operasi yang menjadi kunci windows dapat berjalan secara lancar, jika beberapa file yang di anggap penting oleh OS atau sistem operasi hilang atau tidak terdeteksi tentunya ini akan berakibat pada kinerja OS itu sendiri yang mana dapat mengakibatkan proses berjalan lamban.

Solusi mengatasinya adalah dengan menginstall ulang OS atau dapat juga melakukan repair OS itu sendiri. Pastikan menggunakan OS yang cocok atau sesuai dengan versi OS yang digunakan.

2. Aplikasi startup terlalu banyak
Pada kasus ini sering menjadi penyebab utama yang menjadikan laptop ataupun komputer berjalan sangat lambat. Dalam pengertian ini terdapat aplikasi yang berjalan otomatis pada saat bersamaan dengan proses startup sehingga proses menjadi lama karena banyak yang berjalan pada saat bersamaan.

Solusinya adalah dengan cara disabled aplikasi yang tidak diperlukan saat startup. Caranya adalah sebagai berikut :

Tekan tombol Windows + R pada keyboard. Setelah muncul window Run ketikan kata "msconfig" seperti gambar dibawah ini. 


Jika berhasil maka selanjutnya akan muncul window System Configuration tab ke kanan tepatnya pada bagian Startup dan pilih Open Task Manager dapat dilihat seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya kita akan dibawa ke window Task Manager. 


Pada windows Task Manager disinilah kita harus disabled aplikasi yang tidak perlu berjalan secara otomatis. contoh seperti gambar dibawah ini bahwa aplikasi adobe, canon, microsoft one drive, tidak diperlukan saat startup maka harus mengganti status dari enabled menjadi disabled dengan klik kanan dan pilih disable. 



3. Kerusakan Hardware
Pada kerusakan hardware ini sering terjadi pada hard disk yaitu bad sector atau rusak sehingga data yang ada di dalam hard disk tidak dapat dibaca yang mengakibatkan proses lama. Namun jika diketahui yang terjadi kerusakan pada komponen hardware maka tidak ada cara lain selain mengganti kompunen yang rusak tersebut. 

Seperti itulah kejadian yang menyebabkan laptop lambat saat proses booting. semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon