Cara Repair Port USB 3.0 Tidak Terbaca Pada Windows 10

Laptop Anda tidak dapat membaca flash disk ? Berarti apakah flash disk yang digunakan rusak ? Hal ini belum tentu bahwa flash disk yang digunakan rusak. Saya pernah mengalami suatu kejadian dimana salah satu dari tiga port usb tidak dapat membaca flash disk namun di port usb yang lain mash bisa membaca dengan baik.

Pada kasus ini saya menggunakan laptop dengan type Asus A43E, yang mana kejadiannya sama seperti yang saya jelaskan di atas, saya sendiri mencoba mencari-cari bagaimana cara memperbaiki port usb yang tidak bisa membaca flash disk tersebut, akhirnya saya menemukan Cara Untuk Mengatasi Port Usb Yang Tidak Terdeteksi Pada Laptop.

Penyebabnya paling sering adalah komponen sistem file dari usb 3.0 sendiri yang hilang, bisa saja terkena virus atau juga komponen file nya masih ada namun tidak dikenali sehingga port usb tersebut tidak dapat membaca flash disk maupun disk yang lain nya. Hal ini juga bisa berlaku pada port usb 2 yang lainya.

Berikut ini solusi Memperbaiki Port Usb :
  • Uninstall USB pada device manager
Langkah pertama adalah dengan menguninstall USB terlebih dahulu pada deveice manager. klik Start dan ketikan saja "Device Manager" dan pilih "Universal Serial Bus Controller", pilih "Generic USB Hub" dan klik kanan dan pilih Uninstall lalu Restart komputer anda.

Yang menjadi pertanyaan mana yang harus dipilih untuk uninstall usb flash disk, caranya adalah dengan klik dua kali dan lihat pada manufacturer.
repair usb 3.0, usb tidak terbaca, perbaiki usb 3.0
  • Update driver USB 3.0
Download driver usb 3.0 sesuai dengan type laptop anda dan versi OS (Operation System) termasuk menggunakan type OS yang 32 bit atau 64 bit, apasih perbedaan 32 bit dan 64 bit klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Ketikan saja pada google "driver asus a43e" karena pada kasus ini saya laptop yang dipakai adalah asus a43e pilih driver dengan versi terbaru. Setalah selasai di download install dan coba port usb 3.0 tersebut.
repair usb 3.0, usb tidak terbaca, perbaiki usb 3.0
Dilihat dari situs web resmi asus terdapat beberapa versi driver untuk usb, gunakan versi terbaru untuk menginstall agar usb 3.0 dapat digunakan kembali, atau jika masih tetap tidak terdeteksi untuk port usb 3.0 maka uninstall terlebih dahulu dan gunakan versi yang dibawahnya.
  • Hardware USB Rusak
Kemungkinan yang terakhir ini adalah bahwa hardware atau perangkat keras dari usb 3.0 itu sendiri rusak bisa saja kabel atau semacam komponen lepas, sehingga perlu mengganti komponen usb 3.0 ini dengan yang baru.

Seperti itulah beberapa Cara Untuk Mengatasi Port Usb Yang Tidak Terdeteksi Pada Laptop semoga informasi diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

2 komentar:


EmoticonEmoticon