Cara Menjadikan Program Menjadi Setup / Installer Pada Vb

Pernahkah berpikiran setelah membuat program pada visual studio untuk dapat digunakan oleh costumers bagaiman cara nya ? Tidak mungkin seorang pengguna jika ingin menjalankan aplikasi tersebut terlebih dahulu membuka program Visual Studio baru menajalankan nya. 

Tentunya sangat tidak mungkin. Karena biasanya pemakaian menggunakan shortcut yang ada di desktop, dimana shortcut tersebut mengarah pada suatu aplikasi yang telah terinstal pada komputer yang digunakan.

Pertanyaan muncul seketika bagaimana Cara Menjadikan Program Yang Telah Dibuat Menjadi Aplikasi ? yang dapat diinstall pada masing-masing komputer. Berikut akan kita bahas bersama. 

Tambahkan Project baru paga solution Visual Studio yang kita gunakan, dengan cara Add - New Project, kan muncul jendela "Add New Project" pilih "Other Project Types" - "Visual Studio Installer" dan pilih "Setup Project". Dapat dilihat seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya akan muncul File System (SetupBku) nama dari "SetupBku" adalah penamaan ketika membuat SetupProject. Pada File System (SetupBku) terdapat Tiga komponen yang harus kita isikan data dari Project Output yang telah dibuat yakni Application Folder, User's Desktop, User's Programs Menu.


1. Application Folder
Pada bagian ini kita harus memasukan Project Output pada program yang telah kita buat sebelum nya. Caranya adalah sebagai berikut :
- Double Klik pada Application Folder
- Klik Kanan - Add dan pilih Project Output

Tambahkan juga File yang lain yang dibutuhkan oleh program yang dibuat contoh seperti gambar dan icon.
- Klik Kanan dan pilih File
- Browse pilih directory dimana file yang dimaksud berada
- Pilih Open

2. User's Desktop
Pada bagian ini ditujukan untuk membuat Shortcut yang nantinya akan otomatis muncul pada Dekstop.
- Create New Shortcut pilih Application Folder dan pilih "Primary output from bku (Active)" seperti gambar dibawah ini.


- Setalah itu kita dapat mengganti nama terserah kita mau tujuannya agar terlihat lebih rapi dan bagus

3. User's Program Menu
Pada bagian ini bertujuan untuk membuat folder baru pada drive C dengan directory di Program File
- Klik kanan Add - Folder berikan nama sesuai yang dibutuhkan
- buat Shortcut seperti langkah pada User's Desktop atau cara paling mudah adalah dengan Copy dan Paste

Simpan terlebih dahulu, selanjutnya pada Properties Project yang baru kita buat mengisikan dan merubah beberapa kolom yakni Author, Manufacturer, Product Name, Target Platform, dan Title. Yang perlu diperhatikan pada pemilhan Target Platform x86 untuk Sistem Operasi 32 bit dan x64 untuk Sistem Operasi 64 bit, lebih detailnya dapat dilihat pada gabar dibawah ini :


Langkah yang terakhir yakni dengan Klik Kanan pada SetubBku dan pilih Build tunggu sampai proses selesai build selesai. Jika sukses dan tidak terdapat error maka pada directory tempat Project di buat akan ada folder SetupBku dan didalamnya terdapat Debug yang isinya Setup.exe dan SetupBku.exe, dengan menggunakan installer tersebut kita dapat menginstall program yang kita buat sebelumnya menjadi suatu aplikasi yang utuh.



Berikut ini saya lampirkan penjelasan lebih lanjut dengan video tentang Cara Membuat Program Menjadi Installer Pada Vb silahkan simak video dibawah ini :


Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana Membuat File Setup / Installer Pada Visual Studio 2013 semoga informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon