Google Docs Pengganti Microsoft Word Yang Lebih Berkompeten

Tau kah kamu bahwa sekarang terdapat Google Docs yang kini sangat populer digunakan oleh banyak orang dengan kelebihan dan fitur-fitur yang dimiliki. Hingga saat ini menjadikan Google Docs bahkan melebihi dari pada menggunakan Microsoft Word biasa, bagaimana tidak jika semua fitur yang ada pada Microsoft Word juga ada pada Google Docs.

Lalu Kenapa Masih Banyak Orang Yang Menggunakan Microsoft Word Dari Pada Menggunakan Google Docs ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Berikut ini adalah beberapa Keunggulan Google Docs Dari Pada Menggunakan Microsoft Word.

  • Auto Save
Pada Google Docs memiliki fitur auto save yang mana kita tidak perlu lagi melakukan save berulang kali seperti yang terjadi pada Microsoft Word yang mana harus malakukan save untuk dapat menyimpan perubahan, namun pada Google Docs disetiap perubahan kata bahkan perubahan setiap huruf akan tersimpan secara otomatis dan real time dengan syarat harus terhubung dengan jaringan internet.

Sebenarya  pada Google Docs juga menyediakan fitur Offline dimana kita akan tetap bisa menggunakan Google Docs meskipun kita tidak sedang terhubung dengan jaringan internet yang mana nantinya perubahan-perubahan pada Google Docs tersebut akan tersimpan pada perangkat komputer atau device yang digunakan dan nantinya akan secara otomatis tersimpan jika telah terhubung dengan jaringan internet.



  • Minimalisir Kesalahan Dalam Penulisan
Salah satu kelebihan yang lain dari pada Google Docs dapat mendetaksi kata-kata yang salah dalam pengetikan, sehingga jika kita melakukan kesalahan dalam pengetikan maka secara otomatis Google Docs akan memberikan garis merah dan selanjutnya ketika kata kata bergaris merah tersebut kita klik maka akan muncul saran dari Google Docs untuk memperbarui kata yang salah atau typo sehingga meminimalisir kesalahan dalam penulisan.



  • Dapat dikerjakan lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan.
Pada Google Docs satu dokumen dapat dikerjakan secara bersamaan. Ini merupakan kelebihan dari Google Docs yang paling penting dimana kita dapat membagikan dokumen dan dapat melakukan edit secara bersamaan di tempat yang berbeda dan yang paling penting real time sebagai contoh si A dan  si B mengerjaakan bersamaan, ketika si A mengetik satu huruf saja maka pada lembar kerja si B juga akan secara otomatis ikut terbarui ini yang dimaksud dengan real time.

Dari gambar diatas bisa dilihat kalau pada dokumen tersebut terdapat 2 kursor, yang atas adalah kursor saya, dan kursor bawah adalah kursor partner saya dengan nama akun nabil nabila.



  • Membandingkan 2 dokumen yang mirip.
Google Docs dapat juga membandingkan 2 dokumen yang mirip maksudnya kita dapat dengan mudah mengetahui perbedaan dari kedua dokumen tersebut.



  • Terdapat History pengeditan.

Googel Docs juga mampu mengembalikan dokumen ke versi sebelum dimana terdapat history dari beberapa bagian yang sebelumnya telah dikerjakaan. Ini bisa terjadi dikarenakan disetiap berubahan Google Docs akan tersimpan dan kita dapat mengembalikan ke verisi sebelumnya bahkan sudah berhari-hari lamanya.



Kesimpulan yang dapat kita peroleh adalah bahwa dalam penggunaan Google Docs lebih cocok untuk digunakan secara bersama seperti tugas kelompok atau laporan yang harus dikerjakan secara bersaaman.

Demikian sekian sedikit penjelasan yang dapat saya bagikan tentang Kapan Kita Harus Menggunakan Google Docs dan Kapan Harus menggunakan Microsoft Word semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon