Memindahkan User Profil Ke Directory D



Sering kali kita harus repot backup data yang ada di dekstop, Document semua yang berada di user profil kita. Dengan Memindahkan tempat user profil kita ke drive lain yang lebih aman dan tidak merepotkan saat hendak Install ulang maka sebelum kita membuat user profil baru kita pindahkan dulu path profil kita.

Seringkali kita direpotkan dengan memindahkan data-data yang ada di Dekstop, Documents, Downloads, Music, Pictures, Videos pada saat ingin menginstal ulang sistem operasi, ini dikarenakan folder-folder tersebut tersimpan pada directory sistem operasi, maka jika ingin melakukan install ulang salah satu yang wajib dan penting adalah dengan memindahkan data-data yang ada di directory “C “.

Bukan berarti kita harus report memindah-mindahkan data-data tersebut, ada acara untuk menyiasatinya yaitu dengan memindahkan user profil ke directory “D” dengan memindahkannya maka kita data atau file yang ada di folder Dekstop, Documents, Downloads, Music, Pictures, Videos sudah aman jika ingin melakukan install ulang OS.

Yang perlu diingat adalah pada saat ingin memindahan user profil data atau file yang ada di folder Dekstop, Documents, Downloads, Music, Pictures, Videos akan terhapus. Maka saran saya adalah amankan terlebih dahulu, atau tidak jika saat pertama selesai install ulang sebaiknya pindahkan dahulu user profilnya.

Berikut ini adalah Langkah-Langkah Memindahkan User Profil Ke Directory D Dengan Cmd,

Pertama-tama siapkan file berupa xml. Berikut adalah caranya
Buka notepad, setelah itu ketikan kode xml dibawah ini :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<unattend xmlns="urn:schemas-microsoft-com:unattend">
<settings pass="oobeSystem">
<component name="Microsoft-Windows-Shell-Setup" processorArchitecture="amd64" publicKeyToken="31bf3856ad364e35" language="neutral" versionScope="nonSxS" xmlns:wcm="http://schemas.microsoft.com/WMIConfig/2002/State" xmlns:xsi="http://www.w3.org/2001/XMLSchema-instance">
<FolderLocations>
<ProfilesDirectory>D:\Users</ProfilesDirectory>
</FolderLocations>
</component>
</settings>
<cpi:offlineImage cpi:source="wim:E:\sources\install.wim#Windows 10 Ent" xmlns:cpi="urn:schemas-microsoft-com:cpi" />
</unattend>

Pada kode diatas tertera “D:\Users” ini menandakan user profil akan di pindah ke D.
Simpan nama tersebut dengan “win10_blemspot.xml” ingat format type harus xml. Untuk penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Setelah selesai membuat file xml tersebut selanjutnya adalah cara menjalankan file xml. Berikut adalah caranya :
1.  Buka Cmd "Command Promt" cara nya ketikan saja cmd pada menu start.
2.  Klik kanan Run As Administrator.
3.  Setelah itu ketikan "net stop" pada cmd tersebut dan tekan enter.
4. Selanjutnya ketikan kata-kata dibwah ini :
"windows\system32\sysprep\sysprep.exe /oobe /reboot/unattend:d:\win10_blemspot.xml" lalu tekan enter.
5.  Proses perpindahan user profil ini membutuhkan waktu yang cukup lama tunggu saja sampai selesai.

Jika langkah diatas tidak berhasil atau mengalami kendala berikut cara lain yang bisa dilakukan untuk Memindahkan user profile ke directory D berikut langkah-langkahnya :

1. Buka terlebih dahulu Explorer pastikan ke enam folder ada yakni Desktop, Documents, Download, Music, Pictures, Videos seperti gambar dibawah ini :


2. Klik properties pada Desktop dan tab kebagian Location pilih Move buat folder baru di directory D dengan nama "user" untuk lebih mudah mengingatkan kita. Lakukan langkah tersebut untuk ke lima folder yang lainnya.


Dimikianlah beberapa cara yang dapat gunakan untuk Memindahkan user profil ke directory D Dengan CMD pada windows 10, semoga dapat membantu sobat sekalian dan manambah wawasan sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon