Merubah Status Printer Offline Menjadi Online

Printer merupakan alat yang digunakan mencetak dokumen, foto, maupun gambar yang tertuang pada lembar kertas. Bicara tentang printer, pernahkah anda menjumpai suatu Printer dengan kondisi printer sedang offline ?

Masalah ini sering kita jumpai pada saat melakukan perintah cetak yang mengalami kesalahan atau error pada printer dengan status offline sehingga hal ini akan mencegah dokumen untuk dapat di cetak. Maksud dari printer offline ini adalah bahwa status printer sedang dalam kondisi mati akan tetapi printer itu sendiri sudah dinyalakan.

Printer Offline sebenarnya berawal dari suatu masalah dalam jaringan komputer dengan printer yang digunakan. Selain itu juga ada kemungkinan kerusakan pada hardware printer atau bahkan terlalu sering digunakan juga berpengaruh karena printer terlalu banyak menerima beban kerja, selain itu juga bisa driver printer yang tidak kompatibel dengan komputer yang digunakan.

untuk menyelesaikan masalah ini maka hal yang harus dilakukan adalah dengan merubah pengaturan printer yang semulanya offline menjadi online agar bisa digunakan lagi. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Klik menu "Start" dan ketikan "Control Panel" selanjutnya pilih "View devices and printers" jika jendela Device and printer telah muncul maka dapat dilihat berbagai jenis printer yang telah terhubung dengan komputer anda. Pertanyaanpun tentunya muncul bagaimana Membedakan Printer Offline dengan Online ? 

Artikel Terkait :


Perhatikan gambar printer atau ikon printer dibawah ini :


Dari gambar diatas diperoleh keterangan dengan printer yang berkotak merah adalah printer dengan kondisi Offline. Printer tersebut berwarna agak samar dari pada Printer dengan kondisi Online. Klik kanan pada printer yang offline tersebut lalu pilih “See what’s printing”, pada gambar dibawah menunjukan bahwa status printer sedang offline.

Untuk menjadikan printer kembali online maka klik “Printer” hilangkan tanda centang pada “use printer offline”. Ini akan menjadikan status perinter anda kembali online dan siap untuk mencetak.


Seperti itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan tentang bagaimana caranya Merubah Status Printer Offline Menjadi Online semoga informasi tesebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon