4 Cara Jitu Baterai Laptop Tahan Lama

Pernah mengalami masalah baterai laptop low atau habis pada saat presentasi sedangkan anda lupa membawa charger atau kita sedang berada pada suatu tempat dimana tidak terdapat listrik di sekitar kita ? Kejadian ini sering dijumpai bahkan saya juga sering mengalaminya. Tentunya bingung dong ketika masih dalam proses presentasi laptop kita mati karena baterainya habis. Dari pengalaman saya itu mencoba mancari cara bagaimana membuat baterai laptop tahan lama.

Sebenarnya ada banyak cara agar membuat laptop kita hemat baterai namun tentunya hanya beberapa yang memang sangat berpengeruh dalam penggunaan konsumsi baterai. Berikut adalah 4 Cara Jitu Baterai Laptop Tahan Lama :

1. Screen Brightness
Pertama yang dapat menjadikan hemat baterai adalah dengan meredupkan layar laptop anda. Setting layar laptop anda menjadi paling redup, ini menjadikan konsumsi baterai laptop anda menjadi lebih hemat. Buka "Control Panel" pilih "Hardware and Sound" dan pilih "Power Options" pada bagian bawah terdapat Screen brightness tarik ke ujung kiri hingga layar laptop menjadi gelap seperti gambar dibawah ini :

2. Disconet Internet
Langkah Selanjutnya adalah dengan memutuskan jaringan internet. Putuskan jaringan internet bila tidak perlu hal dimaksudkan agar aplikasi yang membutuhkan jaringan internet tidak berjalan. Sehingga dapat menghemat daya baterai laptop anda.

3. Power plan
Langkah ketiga adalah dengan mengganti "power plan" dari Balance menjadi Power Saver, inilah bagian yang paling berpengerah dengan mengganti ke power saver baterai laptop akan menjadi lebih hemat dari pada Balanced ataupun High performance. karena power saver mengurangi kinerja laptop sehingga tenaga baterai yang dibutuhkan lebih sedikit. Caranya hampir sama dengan langkah no satu yaitu buka Control Panel pilih  Hardware and Sound dan pilih  Power Options 


4. Close Applications
Langlah yang terakhir adalah dengan menutup aplikasi yang tidak penting atau dalam arti hanya menjalankan aplikasi yang ingin digunakan saja dengan begitu akan lebih menghemat baterai.

Demikian itulah sidikit informasi yang dapat saya sampaikan tentang 4 Cara Jitu Baterai Laptop Tahan Lama semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon