Gagal Add Reference Mysql Data Visual Studio [SOLVED]


Pernahkah kita menjumpai aplikasi visual studio yang mana pada saat add reference mysql.data tidak dapat menemukannya. Permasalahan ini biasa ditemukan pada visual studio yang baru saja seleasi di install (Missing Reference Mysql Data Visual Studio). Untuk dapat add reference mysql data kita terlebih dahulu harus mengsinstall MySQL Connector bebas mau menggunakan versi berapapun.

Anda dapat langsung mendownload MySql Connector pada website resmi mysql. download MySQL Connector. Pada pembahasan ini saya menggunakan MySQL Connector Net versi 6.9.9. Tutup dahulu aplikasi visual studio dan baru dapat install ini berguna agar pada saat menginstall MySql Connector dapat langsung terhubung dengan aplikasi visual studio.

Untuk installasi proses MySql connector cukup mudah tinggal open dan next jika ada pertanyaan untuk memilih "Typical" "Complete" "Costume" pilih saja Typical dan klik next sampai proses installasi selesai.

Jika proses installasi MySql Connector sudah selesai selanjutny untuk dapat menggunakannya kita cukup hanya membuka kembali visual studio dan akan ada suatu proses pemasangan komponen mysql connector pada microsoft visual studio, tunggu sampai proses ini selesai seperti pada gambar dibawah ini.




Jika nantinya proses sudah pemasangan komponen MySql Connector sudah selesai maka visual studio akan secara otomatis membuka halaman utamanya. Selanjutnya buka salah satu project visual studio dan coba klik kanan pada project yang kita buat pilih "add" pilih "reference". 

Jika proses installasi berjalan lancar serta pemasangan komponen MySql Connector pada visual studio maka harusnya akan terdapat "mysql.data" karena sudah terinstall. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. 



Pada kolom berwarna merah diatas kita dapat menemukan MySql.Data sekaligus juga dapat mencentak untuk menambahkannya pada project yang kita buat. Jika sudah ditambahkan coba untuk melakukan menambahkan koneksi database mysql pasti akan berhasil.

Demikain sedikit penjelasan dari saya tentang bagimana caranya mengatasi Missing Reference Mysql.Data Pada Visual Studio dengan menginstall MySql Connector semoga sedikit informasi diatas dapat menambah wawasan dan berguna bagi kita semua. sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments