Status Printer Ready Tetapi Tidak Bisa Print


Mungkin anda pernah mengalami kondisi dimana saat melakukan perintah mencetak hasil print tidak keluar juga atau dalam hal ini tidak ada respond sama sekali dari printer. Jika mengalami kondisi seperti ini, itu artinya terjadi kesalahan pada sistem komputer anda yang menjadikan printer anda tidak bisa mencetak.

Lalu bagaimana mengatasi hal seperti ini ?, ada dua bagian tahapan yang pertama kosongkan print queue, dan yang kedua restart print spooler. Lakukan tahapan pertama dahulu, jika pada tahapan pertama printer masih belum ada respond maka lakukan tahapan kedua, berikut adalah penjelasanya lebih detail :

Tahapan mengkosongkan Print queue

1. Buka tampilan monitoring print queue. Caranya adalah buka terlebih dahulu "control panel"  pilih "view devices and printer"  sampai munjul jendela baru yakni Device and Printers dapat dilihat dari gambar dibawah ini : 



2. Langkah selanjutnya memilih printer yang digunakan saat mencetak dan klik kanan serta pilih “see what’s printing”.  Nah disini kita dapat melihat semua antrian cetak dokuman, klik kanan dan kemudian cancel seluruh document untuk mengkosongkan print queue.



3. Setelah itu seliahkan mencoba untuk mencetak dokuman lagi seperti biasanya.

Jika langkah sudah dijalankan tetapi tetap tidak bisa bekerja mencetak, maka coba untuk melakukan langkah kedua seperi dibawah ini.

Tahapanan restart print spooler
Pada cara kedua ini kita akan merest ulang print spooler pada services.msc secara langsung agar dapat mencetak secara normal berikut langkah-langkahnya :

1. Klik start pilih run atau pada keyboard tekan windows + R, selanjutnya ketikan saja “services.msc” dan klik oke.

2. Selanjutnya  akan muncul jendela services seperti gambar dibawah ini. Pada Name scroll kewabah dan cari kata "Print Spooler" jika sudah menemukan klik kanan dan pilih restart. 


Nah sekarang printer sudah normal kembali silahkan mencoba kembali mencetak dokument anda. Seperti itulah cara memperbaiki printer yang error dimana Status Printer Ready Tetapi Tidak Bisa Print semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

9 komentar:

  1. Mau tanya printer sudah di share, 2 komputer sudah bisa connect dan bisa ngeprint, ada 1 komputer sudah connect tpi saat mau ngeprint saya tidak bisa klick/memilih printer yg d share padahal nama printer sudah ada d aplikasi office/pdf. Solusinya bagaimana ya?

    BalasHapus
  2. Mau tanya printer sudah di share, 2 komputer sudah bisa connect dan bisa ngeprint, ada 1 komputer sudah connect tpi saat mau ngeprint saya tidak bisa klick/memilih printer yg d share padahal nama printer sudah ada d aplikasi office/pdf. Solusinya bagaimana ya?

    BalasHapus
  3. bang punya saya ready tapi di saat print tdk ada dokumen yg di cetak

    BalasHapus
  4. Bang punya sya juga ready tapi saat print muncul kalimat "kata tidak dapat dicetak karena ada masalah dengan pengaturan printer" . Itu bgmn bang

    BalasHapus
  5. Bang punya saya saat mau diprint, di print quene hilang sendiri, tidak ada dokument yg d print

    BalasHapus


EmoticonEmoticon