Cara Mempercepat Koneksi Wireless

Pada zaman ini kebutuhan akan internet menjadi hal yang tidak dapat diungkiri lagi, apalagi menggiat akan generasi millennial yang setiap saat membutuhkan internet untuk kehidupan kesehariannya. Sudah tidak aneh lagi kalau kini banyak orang yang memilih untuk berlangganan internet rumahan.

Banyak juga orang yang mengeluh tentang sudah berlangganan internet rumahan tetapi hasilnya lemot, tidak sesuai ekspetasi yang diinginkan. Kejadian seperti ini belum tentu dikarenakan jeleknya pelayanan internet rumahan yang digunakan, bisa saja faktor-faktor lain yang juga sangat mempengaruhi dalam pengoptimalan kinerja internet rumahan tersebut salah satunya adalah Kurang Strategis Dalam Penempatan Router.

Ini dikarenakan sebagian orang banyak yang belum paham bagaimana pentingnya faktor penempatan router terhadap kinerja kecepatan wi-fi ini dikarenakan banyak orang yang menganggap sepele akan permasalahan tersebut.

Taukah Anda bahawa internet yang terpasang didalam rumah sebenarnya masih dapat kita optimalkan kecepatannya. ini dikarenakan sifat dari sinyal yang dipancarkan oleh router sendiri merupakan gelombang radio sama dengan gelombang elektromagenetik yang ditangkap oleh handphone atau radio Anda. Namun gelombang yang dipancarkan oleh modem router ini sangat pendek berbeda dengan gelombang radio yang panjangnya bisa mencapai ratusan meter.

Untuk dapat lebih memaksimalkan penggunaan jaringan wireless ada beberapa tips yang mungkin bisa menjadi pedoman untuk memaksimalkan jaringan wireless yang Anda miliki.

1. Posisi Router

Yang perlu diperhatikan pertama adalah letak dari wireless router harus diletakan di tengah-tengah ruangan sehingga semua area tercover, atau jika ruangan terlalu besar letakan router tersebut pada tempat yang terbuka, karena sebenarnya sinyal yang yang dipancarkan dari router tersebut akan berkurang jika terhalang oleh benda padat seperti tembok, kaca dan lainnya.

2. Ketinggian Router 

Penting juga untuk menentukan ketinggian dalam penempatan router dari lantai, semakin rendah kamu meletakan router maka sinyal yang terpancar akan semakin lemah, sebaliknya jika kamu meletakan router lebih tinggi di atas lemari pancaran sinyal wi-fi bakalan lebih kuat.

3. Jauhkan router dari bahan yang mengandung logam

Bahan yang mengandung logam atau metal dapat menyebabkan terganggunya sinyal wireless router yang menjadikan sinyal lemah dari wireless router tersebut dan mengganggu penerimaan pada laptop atau perangkat lainya.

3.  Posisi antena pada router

Pastikan antena yang terdapat pada wireless router terpasang dengan benar agar dapat bekerja secara maksimal  dan sinyal dapat dipancarkan kesegala arah. Posisi antena juga turut mempengaruhi kinerja wi-fi tersebut. biasanya posisi antena router yang baik adalah vertikal karena posisi tersebut jangkauan sinyal lebih luas dari pada posisi horizontal.

Selain itu juga ada beberapa pengaturan yang dapat diterapkan pada modem router yang kita gunakan 

1. Gunakan wireless repeater. untuk menambah jangkauan jarak dari sinyal yang dihasilkan oleh wireless tanpa harus menambahkan kabel, wireless repeater ini menjadi salah satu solusi untuk ruangan yang besar, Anda dapat menggunakan wireless repeater seperti D-Link, Linksys, Tp-Link dan lainnya.

2. Pilihlah channel yang tidak bertubrukan dengan yang lain seperti perangkat radio amatir atau sejenisnya. channel yang sering digunakan untuk wireless router adalah 1, 6 dab 11 ubahlah perangkat ke channel tersebut, 

3. Pastikan bahwa perangkat wireless router berjalan pada frekuensi 2.4 GHz jangan pilih frekuensi 5.8 GHz atau 900MHz ini dikarenakan perangkat elektrinik yang lain menggunakan frekuensi tersebut seperti phone atau perangkat lain yang menggunakan frekuensi 5.8 GHz dan 900 MHz

4. Lakukan update framware dari wireless router yang Anda gunakan dengan cara dapat mengunjungi website pembuat perangkat tersebut.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan tentang Pengaruh Kecepatan Internet Pada Penempatan Router mungkin banyak yang sebelumnya belum paham dan tidak kepikiran, sekarang pasti sudah paham bagaimana pentingnya peletakan router.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon