Ganti nama Project Visual Studio 2013


Kali ini saya akan sedikit membahas tentang visual studio tentang bagamana caranya mengganti nama project yang usdah terlanjut dibikin. Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat program baik berupa desktop maupu web. Visual studio atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan vb ini memiliki berbagai macam bahas programing misalkan saja C#, .Net

Ketika dalam membuat project visual studio terkadang kita ingin mengganti nama project yang sudah terlanjur dibuat. Tentu saja kita malas dong jika harus mengulangi dari awal jika yang dirubah hanya nama project nya saja. Untuk dapat mengganti nama dari project pada visual studio sedikit rebet, karena kita harus mengganti komponen-komponen project directori. tidak bisa jika kita hanya mengganti nama folder nya.

Berikut ini adalah Mengganti nama project visual studio secara keseluruhan.  Pada kasus ini saya mengambil contoh project dengan nama "HalloWord" langsung saja kita bahas bersama dibawah ini :

1.  Rename project visual studio dengan type of file ".sln"
Buka directori project HalloWord yang di simpan, selanjutanya rename dari "HalloWord" menjadi "HalloWord" untuk lebih detailnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


2.  Hapus file HalloWord yang tersembunyi.
Untuk dapat menghapus file tersebut terlebih dahulu harus menampilkan file yang disembunyikan. setelah menampilkan file yang tersembunyi hapus "HalloWord.v12". Selanjutnya rename folder HalloWord menjadi Hallo. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.


Setalah itu buka folder tersebut dan cari kata HalloWord dan rename menjadi Hallo. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

3. Open project Hallo yang telah direname dengan Visual Studio. Jika terdapat notifikasi seperti dibawah ini klik saja "ok"


Pada Solution Explorer kita dapat melihat HalloWord(unavailable) artinya peroject tersebut tidak falid.


4. Existing Project
Pilih  File - Add - Existing Project Cari dan open file "Hallo.sln" pada directori project anda di buat. Setelah berhasil maka pada solution explorer akan muncul list project Hallo. sedangkan pada HalloWord(unvailable) remove saja dari daftar solution.


5. Klik dua kali pada My Project
Pada Assembly name dan Root namspace rename HalloWord menjadi Hallo.


6.  Untuk sentuhan terakhir hapus sisa-sisa file yang lama dengan cara Clean dan Build atau Rebuild


Coba jalankan program HalloWord yang sudah berubah namanya menjadi Hallo tersebut. Cukup sampai sini tutorial mengenai bagaimana cara Rename project visual studio 2013. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

1 komentar:


EmoticonEmoticon