Latihan Dasar Membuat Program hallo word dengan vb.net


Visual studio merupakan salah satu tools programing yang populer hingga saat ini, terdapat berbagai macam jenis bahasa pemrograman tersendiri di dalam visual studio ini. Misalkan saja vb.net c# atau dan sebagainya.Umumnya pembuatan progam dengan menggunakan tools visual studio ditujukan untuk aplikasi dekstop. Aplikasi dekstop merupakan suatu aplikasi yang dibuat secara offline dengan menginstall pada komputer ataupun laptop agar dapat menggunakan aplikasi dekstop tersebut.

Pada pembahasan blog ini saya akan membagikan pengalaman dan pelatihan membuat aplikasi dari tools visual studio, pada kasus ini saya menggunakan visual studio dengan versi 2013. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan latihan awal membuat project sederhana dengan membuat program Hallo Word dengan Vb.net pada kesempatan kali ini saya menggunakan visual studio 2013.

Lansung saja kita bahas bersama secara detail tutorial memembuat Latihan Dasar Program hallo word dengan vb.net langsung saja kita simak bersama-sama

1. Langkah pertama tentunya kita harus membuat project terlebih dahulu.
Create project baru  "File" pilih "New" dan pilih "Project" bebas untuk memberikan nama pada project yang akan kita buat ini, pada kesempatan kali ini saya memberikan nama project "hallo".

2. Langkah selanjutnya Pada "Form1" tambahkan Toolbox "button" pada properties beri nama "btnHallo" sedangkan pada text beri nama "Tampilkan" dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini. 


3.  Langkah selanjutnya yakni menambahkan code untuk menampilkan tulisan "Hallo Word" saat program dijalankan. Caranya pilih "view" dan pilih "view code" pada Form1 dan tambahakan code dibawah ini.

Public Class Form1
    Private Sub btnHallo_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles btnHallo.Click
        MessageBox.Show("Hallo Word")
    End Sub
End Class

4. Langkah Terakhir yakni dengan Simpan dan jalankan programnya cukup tekan "F5" maka project yang kita buat tadi akan dieksekusi dan hasilnya akan keluar seperti gambar dibawah ini apabila tidak ada error.


Demikianlah sedikit informasi yang saya dapat sampaikan tentang bagaimana cara membuat Program hallo word dengan vb.net semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, silahkan tinggalkan pesan apabila penjelasan diatas masih belum jelas ataupun ingin menanyakan sesuatu, sekian dan terimakasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon