Membuat Koneksi Database MySql ODBC

Koneksi merupakan sesuatu yang menjembatani antara database dengan program yang dibuat tanpa adanya koneksi suatu program tidak akan terhubung dengan database. Maka dari itu koneksi sangat dibutuhkan di awal-awal dalam membuat program.

Selain menggunakan source code koneksi untuk memanggil database pada visual studio terdapat cara lain untuk memanggil database lebih efektif dan efisien yaitu dengan "Add New Data Source". Dengan  memanfaatkan fiture add data source kita tidak usah menambahakan koneksi menggunakan perintah source code lagi, cukup dengan data source program sudah dapat terkoneksi dengan database.

Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah secara detail bagaimana Add New Data Source Odbc VB.net pada kasus ini mengambil contoh add data source Odbc.

Buat project seperti biasa misalkan saja kita buat dengan nama DataSource Odbc. Setelah tampilan kerja terbuka pada kiri layar kerja anda klik "Data Sources" dan klik "Add New Data Sources" ikuti langkah dibawah ini.

1. Data source configuration wizard 
Setalah Klik Add New Data Sources maka akan muncul tampilan Data source configuration wizard disini kita diharuskan untuk memilih koneksi database yang diinginkan, jika database tidak ada maka kita harus membuat database baru klik New Connection untuk membuat koneksi database baru.


2. Data source configuration wizard
Pilih Database dan klik Next.


3. Data source configuration wizard
Pilih Dataset dan klik Next


4. Add Connection
Pilih Change untuk memilih Data source yang di inginkan


5. Change Data source
Pada menu ini pilih "Microsoft ODBC Data Soure" dan klik ok


Setalah Data Source terpilih lakukan uji coba test koneksi jika berhasil maka akan ada notif  "Test connection succeeded" seperti gambar dibawah ini.



6. Choose Yout Database Objects
Langkah selanjutnya adalah memilih tabel-tabel mana saja yang akan digunakan berikan centang pada tabel yang ingin digunakan klik Finish.


Baca juga cara membuat Test Koneksi pada MySql

Seperti itulah bagamana Membuat Koneksi Database SQL Server ODBC semoga informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua jika penjelasan diatas masih belum jelas maka dapat ditanyakan sekian dan terimakasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon