Laptop Sering putus Koneksi dari WiFi

Jika laptop Anda terus memutuskan sambungan dari jaringan WiFi Anda, Anda bukan satu-satunya! Banyak pengguna laptop lainya mengalami hal yang sama dimana ketika telah terhubung dengan Koneksi Internet sering putus sendiri.

Tentunya ini sangat menyebalkan, sangat merepotkan ketika kita tidak dapat menghubungkan laptop dengan WiFi. Tapi jangan khawatir, masalah tersebut bisa diperbaiki ...

Berikut ini adalah beberapa metode yang telah banyak membantu pengguna laptop. Mungkin tidak perlu mencoba semuanya, hanya saja perlu mencoba sampai menemukan satu yang sesuai dan bekerja.

Perhatikan beberapa solusi dibawah ini :
  1. Restart your computer and network devices
  2. Disable network adapter power saving
  3. Update Network Driver
  4. Scan Valid Interval
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Metode 1: Restart your computer and network devices

Ketika laptop ataupun komputer anda terus terputus oleh jaringan wifi, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan me-restart laptop atau komputer dan router atau modem yang digunakan. Dengan melakukan restart kedua perangkat tersebut menjadikan pengaturan ulang kembali jaringan internet yang digunakan serta memperbaiki masalah pada jaringan anda.

Untuk melakukannya langkah-langkah sebagai berikut :

1) Matikan laptop anda, lalu lepaskan kabel daya dari laptop.

2) Matikan router atau modem anda,  kemudian lepas kabel listrik dari perangkat router atau modem tersebut.

3) Tinggalkan semua perangkat tersebut selama kurang lebih satu menit lamanya.

4) Colokkan kembali kabel daya listrik ke laptop dan router atau modem anda.

5) Hidupkan router atau modem, serta lalu laptop anda.

Sekarang coba hubungkan laptop Anda ke jaringan internet (Wifi). Semoga metode pertama ini menyelesaikan masalah Laptop Sering putus Koneksi dari WiFi. Tetapi jika tidak langkah tersebut tidak bekerja, jangan khawatir. Masih ada tiga metode yang bisa anda coba.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Metode 2: Disable network adapter power saving

Mungkin terjadi masalah pada wireless network anda

Masalah jaringan nirkabel Anda mungkin terjadi karena sistem Anda mematikan adaptor jaringan nirkabel Anda untuk menghemat daya. Anda harus menonaktifkan pengaturan ini untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah Anda.

Untuk memeriksa pengaturan hemat daya adaptor jaringan Anda:

1) Di laptop Anda, tekan tombol logo Windows dan R pada keyboard Anda untuk membuka kotak Run. Kemudian ketik "ncpa.cpl" dan tekan Enter.


2) Klik kanan adaptor jaringan Nirkabel / WiFi Anda, lalu klik Properties.
3) Klik tombol Konfigurasi.
4) Pilih tab Manajemen Daya, pastikan Biarkan komputer untuk mematikan perangkat ini untuk menghemat daya tidak dicentang, lalu klik OK.

Semoga ini memperbaiki masalah koneksi nirkabel Anda. Tetapi jika tidak, Anda mungkin perlu mencoba perbaikan lain yang tercantum di bawah ini.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Metode 3: Update Network Driver


Metode 3 adalah driver laptop ataupun komputer anda bermasalah dimana menjadikan terputusnya jaringan internet. kebanyakan kasus kejadian terjadi driver jaringan internet harus diperbarui.

Cara paling mudah adalah dengan mendownload aplikasi update driver, terdapat berbagai macam aplikasi pilihan salah satunya adalah Driver Easy.

Driver Easy akan secara otomatis mengenali sistem yang digunakan dan menemukan driver yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Dengan aplikasi bantuan ini kita tidak perlu repot untuk mencari satu persatu driver yang dibutuhkan oleh laptop anda.

Langkahnya sangat mudah cuup hanya dengan membuka aplikasi dan pilih "UPDATE" maka aplikasi tersebut akan melakukan pemindaian untuk mengenali driver mana saja yang dibutuhkan untuk diperbarui, seperti pada gambar dibawah ini terdapat 3 driver yang perlu diperbarui.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Metode 4: Scan Valid Interval

Pada metode keempat dilakukan perubahan pada value pada scan valid interval langkahnya sampir sama dengan metode kedua dimana pada langkah keempat pilih Advanced 

4) Pilih tab Advanced, lalu klik Scan Valid Interval. Ubah nilainya menjadi 120, dan klik OK.


demikian sedikit penjelasan mengenai masalah Laptop Sering putus Koneksi dari WiFi semoga beberapa metode penyelesaian tersebut dapat membantu anda sekalian. Jika masih belum jelas silahkan tinggalkan komentar untuk menanyakannya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon