File Atau Folder Tidak Dianggap Virus Oleh Windows Defender

Pada Windows 10 sudah terdapat sendiri anti virus yang saya kira sudah sangat bagus untuk melindungi dari komputer kita dari serangan virus-virus. Namun terkadang Windows Defender ini sendiri sering kali mendeteksi file lain yang bukan virus. 

Pasti kita semua pernah mengalami kondisi dimana program kita tidak dapat dibuka dikarenakan ada beberapa komponen dari program tersebut dianggap virus dan di karantina sehingga program tidak dapat running.

Lalu yang menjadi pertanyaan Bagaimana cara mengatasi program atau file yang dianggap virus ? padahal kita tau bahwa program atau file tersebut bukanlah virus. Caranya adalah dengan disabled Anti Virus tersebut.

Namun apakah disetiap kali kita menjalankan progam atau aplikasi bahkan membuka file-file lain kita harus melakukan disabled Anti Virus terlebih dahulu ? tentunya sangat merepotkan sekali. Jawabanya adalah Tidak.

Pada Windwos Defender terdapat fitur  "Add Or Remove Exclusions"  yang mana dapat digunakan untuk melewati Scanning agar ketika kita membuka ataupun menjalankan aplikasi, file-file lain tidak dianggap Virus oleh Windows Defender.

Berikut penjelasan lebih lanjut Bagaimana cara mengatasi progam atau file yang dianggap virus oleh windows defender ? 

1. Open Windows Defender
klik Start dan ketikan Windows Defender maka akan secara otomatis muncul tampilan dari Windows Defender seperti pada gambar dibawah ini :



2. Pilih Virus & Threat Protection
3. Pilh Virus & Threat Protection Settings



4. Pilih Add Or Remove Exclusions
Setalah muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini, langkah selanjutnya adalah pilih Add on Exclusions maka akan muncul pilihan File, Folder, File Type, dan Process. 



  • File
Dengan memilih File digunakan untuk memilih satu File yang nantinya akan dilawati oleh Windows Defender agar tidak terdektsi sebagai Virus.
  • Folder
Dengan memilih Folder dapat digunakan untuk melewati Scanning Windows Defeder berupa satu Folder utuh beserta isinya agar tidak terdektsi sebagai Virus.
  • File Type
Dengan memilih File Type dapat digunakan untuk memasukan jenis extension agar setiap file yang mempunyai extension yang telah diinputkan dilewati oleh Windows Defender agar tidak terdektsi sebagai Virus.
  • Process
Dengan memilih Process dapat digunakan untuk memasukan jenis Process agar setiap file yang mempunyai Process yang sama dengan yang telah diinputkan sebelumnya dilewati oleh Windows Defender agar tidak terdektsi sebagai Virus.

Demikianlah sedikit informasi mengenai bagaimana cara File Atau Folder Tidak Dianggap Virus Oleh Windwos Defender  semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon