Pahami Berat Beban Kerja Laptop Kamu

Komputer dan Laptop merupakan suatu kebutuhan yang kini sangat mempermudah dalam kehidupan manusia, baik dalam pekerjaan, pendidikan, maupun hiburan yang pada masa nya perkembangan komputer maupun laptop sangat pesat.

Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer dan laptop menjadikan proses akan kebutuhan suatu data, informasi semakin cepat. Meskipun perkembangan sangat pesat bukan berarti sudah tidak lama lagi.

Semua tergantung pada device yang kita miliki, memang semakin mahal harganya maka akan semakin capat proses nya, namun yang perlu diingat bisa saja device yang mahal tersebut menjadi lemot atau bahkan nor responding saat kita mengoperasikan.

Maka dari itu kita harus Mengetahui Beban Kinerja Laptop Kita agar dapat menggunakan laptop maupun komputer dengan tepat dan dapat mengetahui batas kinerja dari device yang kita miliki.

Dengan mengetahui beban kinerja laptop kita dapat mengetahui komponen mana saja yang bekerja lebih keras. Hal seperti ini sangat berguna untuk kita yang ingin mengupgrade komponen laptop maupun komputer.

Berikut ini akan dibahas secara lengkapnya Mengetahui Beban Kerja Laptop

Caranya adalah dengan membuka "Task Manager" ada banyak cara membuka Task Manager diantara sebagai berikut :

  • Pada keyboard tekan ctrl + alt + delete dan pilih Task Manager
  • Langkah yang lain dengan cara klik Start dan ketikan Task Manager
  • Langkah yang lain pada Taskbar klik kanan dan pilih Task Manager
Jika berhasil membuka maka secara otomatis akan muncul Task Manager seperti pada gambar dibawah ini. Dimana dapat kita lihat terdapat Name, Status, CPU, Memory, Disk, Network yang masing-masing memberikan informasi yang berbeda-beda. 

Pada tampilan dibawah ini jika terdapat aplikasi yang Not Responding maka akan muncul pada colom status ini, jika aplikasi berjalan normal maka colom status kosong. 


Performance CPU
Pada kolom ini memberikan informasi mengenai pemanfaatan total prosesor di semua core yang dimiliki dimana pada tampilan ini menunjukan speed dari processor yang kita gunakan, cache, cores, serta Up Time yang menunjukan lamanya kinerja device yang kita gunakan.


Performance Memory
Pada kolom ini memberikan informasi mengenai total memori fisik yang dicadangkan oleh proses individu. Disinilah prosentase dari kapasistas RAM yang dimiliki oleh device kita, dimana dapat menginformasikan kapasitas RAM, Speed, Slots used, cached.


Performance Disk
Pada kolom ini memberikan informasi tentang pemanfaatan total di semua driver yang kita gunakan.  dapat dilihat pada gambar dibawah ini bahwa Disk dibagi menjadi C, D dan E diaman kita dapat mengetahui status dari kecapan hard disk  kita yaitu berupa Read Speed, dan Write Speed


Performance Ethernet
Pada kolom ini memberikan informasi tentang pemanfaatan jaringan pada nerwork utama saat itu juga dimana kita dapat melihat suatu grafik yang naik turun berdasarkan jaringan internet yang kita gunakan.

Selain itu juga kita dapat melihat pada gambar dibawah ini berupa ipv4 dan ipv6 serta juga melihat send dan receive yang di terima dari jaringan internet yang digunakan tersebut.


Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil adalah bahwa beban kinerja dari device kita miliki dapat dilihat dengan membuka Task Manager dengan melihat dalam bentuk prosentase dan grafik. semakin tinggi nilai prosentase nya maka semakin berat beban kinera dari komputer maupun laptop kita.

Untuk dapat mengetahui mana yang harus diupgrade terlebih dahulu dapat melihat Task Manager dan memilih mana yang memiliki nilai prosentase yang tinggi yang harus diupgrade terlebih dahulu.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan mengenai Bagaimana Mengetahui Beban Kinera Laptop ? Sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon