Cara Membuat Splash Screen Program Pada Visual Studio

Dalam membuat program tentunya tampilan juga merupakan sangat penting, dengan tampilan yang menarik akan membuat pengguna dari program tersebut merasa nyaman. Maka dari itu banyak cara yang dapat bisa dilakukan untuk membuat tampilan dari suatu program menarik.

Dengan Splash Screen manager memang tidak berpengaruh pada program akan tetapi manfaat dengan adanya Splash screen manager dapat menjadikan suatu sistem akan terasa enak atau nyaman digunakan, dalam hal ini splash screen manager sangatlah penting dalam opening dari suatu program yang pertama kali dijalankan. 

Pada kesempataan kali ini akan dijelaskan bagaimana Cara Membuat Splash Screen Program Pada Visual Studio ? Berikut penjelasan disetiap langkah-langkahnya :
  • Langkah pertama tentusaja buat dulu Project baru simpan dengan nama yang dikehendaki
  • Setalah Form1 terbentuk selanjutnya ketikan saja beberapa kata seperti "WELCOME" ini hanya untuk contoh saja. Biasanya Form1 ini adalah Form yang Utama sebagai inti dari program yang dibuat.


  • Setelah itu klik kanan pada nama project pada Solution Explorer pilih Add DevExpress Items dan pilih New Item...
  • Selanjutnya akan muncul secara otomatis tampilan DevExpress Template Gallery, pilih Splash Screen ganti  nama item dengan nama yang dikehendaki seperti pada gambar diatas.
  • Setalah berhasil menambahkan item baru, maka pada lembar kerja VB akan ada form baru splash screen manager dengan tampilan standart dari DevExpress seperti gambar diatas. Kita dapat merubah tampilan diatas sesuai dengan yang kita kehendaki
  • Misalkan saja dengan menghapus yang dikiranya tidak penting, menambahkan gambar, dan tentunya manambahkan label sesuai dengan yang Anda kehendaki.
  • Setelah selesai mengedit form Splash Screen Manager tersebut langkah selenjutnya masih ada yakni untuk menjadikan form ini menjadi form yang paling utama saat program nantinya dijalankan

  • Klik Project - Splash Properties... (karena nama project ini Splash) nah pada bagian Splash Screen: ganti dengan form Splash Screen yang barusan kita buat, seperti pada gambar diatas dipilih "ssm" karena nama dari form Splash Screen Manager yang saya buat bernama "ssm"
Berikut ini penjelasan lebih detail dengan menggunakan video, simak sampai selesai agar dapat memahami dengan benar.


Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membuat Splash Screen Program Pada Visual Studio semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

1 komentar:


EmoticonEmoticon