4 Langkah Jitu Amankan Laptop Dari Virus

Komputer yang terkena virus akan menjadikan performa pada komputer itu sendiri mejadi lebih lambat dari biasanya, jika dibiarkan begitu saja maka akan terjadi kehilangan file-file yang penting bahkan dapat menjadikan laptop ataupun komputer rusak parah.

1. Jangan Mengunjungi Situs Yang Tidak Terpercaya


Kenapa mengunjungi situs bisa menjadikan laptop terkena virus ? Hal ini dikarenakan website tersebut mengandung konten ilegal, contoh seperti situs porno dan situs bajakan yang mana situs tersebut menyediakan konten yang sebenernya dilarang namun tetap ditayangkan dikarenakan untuk memperoleh keuntungan lebih banyak.

Jika kita berkunjung ke situs yang dilarang tersebut akan membahayakan ini dikarenakan  konten yang diunduh dan yang dilihat pada situs-situs yang tidak terpercaya tersebut  biasanya sudah dimasukan kode-kode virus komputer seperti virus yang dapat merusak sistem pada komputer maupun laptop Anda. 

2. Perantara Dengan Flashdisk 
Selain dari Situs-situs yang ilegal yang sering menjadi penyebab tertularnya virus adalah dengan perantara Flashdisk. Yaaa flashdisk menjadi tempat penyimpanan file-file, data-data yang sangat mudah dibawa kemana-mana. Namun perlu diperhatikan saat kamu memasukan flashdisk kedalam komputer ataupun laptop disitulah virus mulai menyebar.

Untuk itu diperlukan suatu tindakan untuk mencegah tertularnya virus tersebut, maka perlu dilakukannya scan terhadap flashdisk, agar komputer atau laptop kamu tidak terkena virus yang terdapat pada flashdisk tersebut. Bahkan terkadang diperlukan untuk dilakukannya Format terhadap Flashdisk yang kita miliki, hal ini dilakukan agar flashdisk selalu dalam kondisi yang bersih dari virus.

3. Tidak Terdapat Antivirus


Setiap komputer atau laptop diharuskan memiliki Antivirus hal ini sangat penting sebab jika komputer ataupun laptop tidak memiliki Antivirus maka dipastikan akan mudah diserang oleh berbagai macam virus. 

Selain harus ada antivirus pada komputer atau laptop hal yang tidak kalah penting nya adalah kondisi Antivirus tersebut harus sering dilakukan update dikarenakan pembaruan tersebut untuk memperkuat sistem keamanan pada antivirus itu sendiri sehingga jika terdapat virus maka akan segera ditangani agar tidak menyebar kesegala bagian komputer ataupun laptop.

4. Windows Firewall Harus Aktif


Windows Firewall juga ikut berperan serta dalam melindung sistem pada komputer dan laptop kita dari serangan virus. untuk itu Windows Firewall harus dipastikan berjalan. Jika posisi Windows Firewall di nonaktifkan maka dipastikan secara otomatis virus akan masuk kedalam komputer maupun laptop Anda.


Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 4 Langkah Cegah Laptop Aman Dari Virus semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

1 komentar:

  1. Trims ya,
    Sharing infonya bermanfaat.

    Boleh dong kunjungan baliknya ke web saya :D
    Langsung Cek di https://irhammaulanaagres.wixsite.com/home

    BalasHapus


EmoticonEmoticon