32 bit atau 64 bit Berikut Perbedaannya


Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit

 
Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang sangat familiar dikalangan pengguna prangkat komputer maupun laptop. Banyak jenis-jenis sistem operasi selain Windows namun sistem operasi inilah yang sangat mudah digunakan dibandingkan dengan sistem operasi yang lain.

Namun Sistem Operasi Windows sendiri memiliki dua versi yakni versi 32 bit maupun versi 64 bit untuk semua jenis windows maksudnya (windows xp, windows 7, windows 8, windows 8.1 maupun windows yang terbaru yakni windows 10) semua type sistem operasi windows memliki versi 32 bit dan 64 bit.

Pertanyaan tenetunya muncul lantas apa perbedaan versi 32 bit dengan versi 64 bit dan lebih baik harus menggunakan yang bersi mana ? 

Berikut adalah ulasan yang dapat dijadikan acuan dalam menjawab Perbedaan windows versi 32 bit dan 64 bit .

1. Kapasitas RAM yang Dapat Digunakan
Windows versi 32 bit memiliki kapasitas RAM maksimal yang lebih kecil dari pada windows versi 64 bit. Versi 32 bit penggunaan maksimal RAM adalah 4 GB, sedangkan Versi 64 bit dapat menggunakan RAM lebih dari 4 GB.
 
2. Performa yang Berbeda
Performa windows versi 64 bit lebih bagus dibandingkan dengan windows versi 32 bit. Dikarenakan performa windows 64 bit lebih baik saat dikombinasikan dengan hardware yang seimbang.

3. Kemampuan Memproses Data
Dalam memproses data windows versi 64 bit lebih besar dari pada windows versi 32 bit. Hal ini dikarenakan 32 bit atau 64 bit mewakali jumlah data yang dapat di proses dalam satu kali putaran, jika 32 bit dalam satu kali putaran memproses data sebesar 32 bit berlaku juga dengan versi 64 bit sekali putar akan memproses 64 bit,

4. Kompatibilitas Software
Terdapat beberapa software yang hanya bia digunakan khusu untuk 32 bit dan tidak bisa di jalankan di 64 bit ataupun sebaliknya.

Lebih baik menggunakan versi yang mana 32 atau 64 bit ?

Jika komputer maupun laptop kamu menggunakan RAM sebesar 4 GB atau lebih kecil serta memiliki hardware versi lama maka lebih baik menggunakan windows dengan versi 32 bit.

Dan jika komputer maupun laptop kamu menggunakan RAM lebih dari 4 GB serta memliki spesifikasi hardware terbaru dan membutuhkan pemrosesan data yang sangat cepat entah itu untuk pekerjaan redering, gamming, pemrograman dan lain-lain sebaiknya menggunakan windwos dengan veris 64 bit.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Perbedaan windows versi 32 bit dan 64 bit semoga bermanfaat dan membantu. sekian dan terima kasih

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon