Kebiasaan Langsung Mencabut Flashdisk Dari Komputer

Pernah bingung lebih baik mencabut flashdisk dengan cara klik kanan eject atau dari icon flashdisk di taskbar dengan safely remove ? Tenang Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Langkah yang Benar dan Tepat Saat Mencabut Flashdisk dari komputer anda.


Proses Komputer Membaca Flashdisk
Yang perlu diketahui ketika kamu memasukan Flashdisk kedalam komputer atau laptop maka secara otomatis device tersebut akan bebas melakukan proses read dan write data, yang beberapa diantaranya adalah cache. Cache tidak langsung disimpan di Flashdisk, tetapi ditulis terlebih dahulu di RAM. Jika kamu tiba-tiba mencabut Flashdisk sebelum atau ketika sedang read and write cache, maka file akan corrupt atau rusak.

Jika anda mencabut Flashdisk dimana flashdisk tersebut masih dalam proses mengerjakan sesuatu pekerjaan yang ada hubungannya dengan flaskdisk tersebut, misal mengetik, mengolah data, menyunting gambar yang semua berkas tersebut tersimpan atau ada kaitanya dengan flashdisk tersebut, maka kemungkinan terbesar data-data tersbut rusak dan bahkan hilang.

Lalu bagaimana cara mengetahui flashdisk masih dalam proses mengerjakan sesuatu dan flashdisk yang tidak sedang mengerjakan sesuatu

Jawabanya adalah dengan melihat lampu indikator yang terdapat pada flashdisk. Kerena pada saat flashdisk lampu led yang bekedip artinya ada proses membaca atau menyimpan data disana dan itu membutuhkan daya listrik. 

Jika anda tiba-tiba mencabut dari PC/Laptop anda tentu saja akan terjadi “pemutusan paksa” arus listrik pada flasdisk dan tentu saja itu akan bisa merusak komponen yang ada pada flasdisk kalau hal itu dilakukan secara sering. Jika kejadian diatas terus diulangi bisa jadi akan mempendek umur flasdisk anda, 

Baca juga Tips dan Trik bagaimana Langkah jitu mengamankan laptop dari virus.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa ketika kamu mencabut Flashdisk tanpa adanya proses read dan write data tanpa melalui proses Eject maupun Safely Remove bukanlah masalah flashdisk akan tetep normal seperti biasa. Tetapi bila mencabut flashdisk dengan menggunakan fitur Eject ataupun dengan Safely Remove Usb  data yang terdapat pada Flashdisk akan lebih aman dan akan jauh lebih terhindar dari kerusakan dibandingkan dengan flashdisk yang langsung di cabut.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Kebiasaan Langsung Mencabut Flashdisk Dari Komputer, semoga sedikit informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua sekian dan terimakasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon